Sekilas Tentang Backdrop Event

Sekilas Tentang Backdrop Event

Sekilas Tentang Backdrop Event

Istilah backdrop event memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan keberadaan backdrop untuk event sudah tidak bisa dipisahkan dari setting lokasi tempat berlangsungnya acara. Mungkin bagi sebagian orang awam, istilah backdrop masih terkesan jarang didengar. Jika dilihat dari arti secara harfiah, konsep backdrop sebenarnya merujuk pada background yang terpasang secara vertikal pada salah satu titik di lokasi tempat berlangsungnya acara.

Meskipun backdrop event merupakan benda yang sebenarnya tidak wajib akan tetapi keberadaannya dianggap perlu dan diusahakan untuk selalu ada. Backdrop event sendiri memiliki beberapa fungsi yang menunjang keberlangsungan suatu acara. Dan berikut adalah fungsi dari backdrop acara secara umum.

  1. Latar belakang yang menunjukkan identitas acara

Dalam sebuah backdrop event yang terpasang di salah satu sudut di lokasi acara, pastilah tertulis nama acara yang sedang berlangsung. Dari apa yang tertulis pada backdrop tersebut pula, orang-orang yang melihat bisa mengetahui dengan benar konsep acara yang diadakan.

Acara yang bersifat formal seperti seminar nasional, konferensi kenegaraan, dan sebagainya, backdrop event yang dibuat akan lebih banyak menggunakan huruf dan meminimalisir gambar. Hal ini bertujuan agar orang yang membaca backdrop langsung bisa mengetahui jenis acara dengan pasti melalui tulisan yang ada pada backdrop.

Berbeda dengan acara non formal yang dibuat, seperti konser musik, acara olahraga santai seperti color run, festival kesenian, dan sebagainya. Penggunaan gambar justru dimaksimalkan dalam backdrop yang dibuat untuk acara ini. Melalui gambar-gambar itu pula, masyarakat yang melihatnya akan lebih tertarik untuk melihat lebih lanjut dan dengan harapan dapat berpartisipasi dalam acara tersebut.

  1. Tempat pengambilan foto

Backdrop event juga memiliki fungsi penting lainnya yakni sebagai latar belakang dalam pengambilan gambar. Para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut, pasti ingin mengabadikan moment bahwa mereka pernah berkontribusi dalam acara yang digelar. Salah satu caranya adalah dengan berfoto di depan backdrop event yang terpasang di sana. Pada lokasi ini pula, kegiatan wawancara biasanya juga dilakukan jika dirasa perlu.

  1. Sarana informasi

Backdrop event juga bisa menjadi sarana informasi. Contohnya dalam penyelenggaraan sebuah acara, tak jarang terdapat sponsorship yang turut membantu pelaksanaan acara. Biasanya nama sponsorship yang turut membantu akan ditampilkan pula pada backdrop event yang dipasang. Selain memberikan informasi, hal ini juga merupakan bentuk penghargaan kepada sponsorship yang telah membantu.

Ketiga poin di atas merupakan fungsi dari backdrop event secara umum. Jika dilihat dari kebermanfaatannya, backdrop dalam sebuah acara memang memiliki peranan yang penting. Oleh karena itu, saat ini menjumpai backdrop dalam sebuah acara bukanlah suatu hal yang langka lagi.

Share this post