Perbedaan Backdrop Panggung Acara Formal dan Non Formal

Perbedaan Backdrop Panggung Acara Formal dan Non Formal

Perbedaan Backdrop Panggung Acara Formal dan Non Formal

Jenis acara terbagi menjadi dua yakni acara formal dan acara non formal. Pada kedua acara ini, panggung tetap menjadi salah satu hal yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaannya. Selain tata letak panggung yang settingannya disesuaikan dengan jenis acara, backdrop panggung juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan konsep acara.

Dikarenakan perbedaan jenis acara, maka pembuatan backdrop panggung juga hendaknya menyesuaikan. Pada acara formal seperti seminar nasional, konferensi antar negara, kunjungan kenegaraan, dan lain sebagainya backdrop untuk panggung yang dibuat tentu akan berbeda dengan background panggung yang dibuat untuk acara non formal seperti konser musik, festival kesenian, pagelaran budaya, dan lain sebagainya.

Secara sepintas memang tidak ada perbedaan di antara backdrop panggung acara formal dan backdrop panggung non formal. Akan tetapi jika diperhatikan lagi ada beberapa hal yang membedakannya. Dan berikut ulasan singkat mengenai perbedaan kedua backdrop acara terebut.

  1. Pada backdrop panggung yang biasa digunakan dalam acara formal, penggunaan huruf lebih dominan. Model huruf yang digunakanpun adalah huruf yang dapat terbaca dengan mudah. Tampilan tulisan biasanya dibuat dengan cara yang simetris dan terkesan kaku. Hal ini memang menjadi kebiasaan karena dalam acara formal segala sesuatunya memang terkesan lebih tertata dan terikat.

Berbeda dengan backdrop panggung yang digunakan untuk acara non formal. tata cara penulisan lebih menonjolkan estetika dan seni. Model huruf juga dibuat beragam, bahkan tata cara penulisannyapun dibuat dengan berbagai cara dan variasi penulisan.

  1. Backdrop untuk panggung yang dibuat untuk acara formal biasanya lebih meminimalkan peyematan gambar-gambar. Kalaupun memang gambar diperlukan, hanya gambar-gambar tertentu saja seperti logo instansi, logo acara jika memang ada, dan lebih mengurangi gambar-gambar yang dirasa tidak terlalu diperlukan.

Lain halnya dengan backdrop untuk panggung acara non formal. Gambar lebih diperbanyak dalam backdrop untuk acara ini. Sebagai contoh, sebuah konser musik sangat sering menggunakan gambar terutama gambar bintang tamu yang mengisi acara konser tersebut.

  1. Pemilihan warna juga menjadi hal yang penting. Warna latar belakang backdrop untuk acara formal biasanya dipilih warna-warna panas seperti putih, kuning muda, biru muda, atau hijau muda. Kebalikan dengan acara non formal yang kebanyakan mengusung warna dingin seperti hitam, biru tua, atau ungu.

Itulah tadi ketiga perbedaan utama antara backdrop panggung yang dibuat untuk acara formal dan acara non formal. Meskipun perbedaan tersebut bukanlah menjadi acuan dalam pembuatan backdrop, akan tetapi berdasarkan ketiga poin utama di atas, kita bisa lebih mengetahui dan memahami jika ingin membuat backdrop panggung untuk acara formal seperti konferensi kenegaraan dan acara non formal seperti konser musik.

Share this post