Kriteria Press Conference Backdrop yang Baik

Kriteria Press Conference Backdrop yang Baik

Kriteria Press Conference Backdrop yang Baik

Press conference atau yang biasa kita kenal dengan konferensi pers merupakan suatu kegiatan yang biasanya melibatkan media masa. Kegiatan konferensi pers biasanya dilakukan setelah berlangsungnya acara yang utama. Konferensi pers ini melibatkan orang-orang yang berpengaruh pada kegiatan inti yang dilaksanakan. Sebagai contoh, konferensi pers yang diadakan setelah pemutaran perdana sebuah film baru, biasanya yang terlibat adalah para artis pemeran dalam film tersebut.

Konferensi pers yang digelar biasanya dilakukan di aula atau di sekitar lokasi pelaksanaan kegiatan dimana area yang digunakan untuk konferensi pers adalah area yang bisa memuat banyak orang, karena banyak wartawan yang akan meliput dalam kegiatan konferensi pers tersebut.

Dekorasi tempat berlangsungnya konferensi pers juga perlu diperhatikan karena konferensi ini biasnya akan diberitakan baik di media cetak ataupun media elektronik seperti televisi.  Salah satu yang biasanya tidak lepas dari sorotan adalah press conference backdrop yang menjadi latar belakang pelaksanaan konferensi pers. Ada beberapa kriteria yang sebaiknya diperhatikan oleh penyelenggara konferensi pers dalam menyiapkan backdrop untuk konferensi pers supaya backdrop ini tidak keilangan fungsi utamanya. Dan berikut adalah hal-hal yang sebaiknya diperhatikan.

  1. Ukuran backdrop

Ukuran press conference backdrop perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan proporsi ukuran ruangan atau area berlangsungnya konferensi pers. Hal ini untuk mengantisipasi dalam pengambilan gambar atau rekaman saat berlangsungnya konferensi pers agar semua tokoh yang terlibat dapat tercover dengan maksimal. Ukuran press conference backdrop yang sesuai juga bisa menjadi penutup bagi space yang dirasa kurang menguntungkan.

  1. Kekontrasan warna

Pilihan warna antara background dan tulisan dalam backdrop perlu diperhatikan. Memilih perpaduan yang baik juga akan menghasilkan gambar yang baik jika terekam oleh kamera.

Usahakan untuk menggunakan warna yang memang tidak terlalu banyak, hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan fokus ganda. Agar kegiatan press conference tetap terfokus kepada para tokoh yang terlibat.

  1. Proporsi tulisan dan gambar

Press conference backdrop yang baik memiliki proporsi gambar dan tulisan yang seimbang. Sebisa mungkin, menghindari backdrop yang hanya berisi tulisan saja karena akan menimbulkan kesan yang monoton. Pengaplikasian gambar juga sebaiknya tidak terlalu banyak dan secukupnya saja.

  1. Representatif

Representatif maksudnya adalah press conference backdrop hendaknya mencerminkan acara utama yang baru saja digelar. Sehingga hanya dengan melihat informasi yang tertulis dalam backdrop saja, audience sudah bisa mengetahui sebenarnya konferensi pers tersebut untuk apa.

Keempat hal tersebut di atas merupakan kriteria umum yang sebaiknya dimiliki oleh press conference backdrop. Mengingat backdrop untuk press conference memiliki peran yang penting dalam sebuah konferensi pers, maka memang sudah sepantasnya backdrop dipersiapkan semaksimalkan mungkin.

Share this post