Hal-hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Backdrop Seminar

Hal-hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Backdrop Seminar

Hal-hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Backdrop Seminar

Saat Anda menghadiri sebuah seminar, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan backdrop seminar. Ya, background yang biasanya terpasang dan menjadi latar belakang panggung. Pada backdrop untuk seminar biasanya memuat informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan seminar. Seperti tema seminar yang sedang dilaksanakan, pembicara yang akan berbicara dalam seminar, penyelenggara seminar, serta lokasi, dan waktu pelaksanaan seminar.

Backdrop seminar memiliki fungsi yang penting dalam pelaksanaan seminar. Karena pentingnya backdrop untuk seminar ini, maka dalam membuatnyapun sebaiknya dibuat dengan sebaik mungkin. Ada beberapa hal yang hendaknya dihindari, agar backdrop seminar ini tetap memiliki fungsi yang maksimal.

  1. Pemilihan warga gelap

Kegitan seminar memerlukan konsentrasi dan perhatian. Pemilihan warna-warna cerah merupakan salah satu cara untuk mempertahankan konsentrasi lebih lama. Contoh warna-warna cerah yang bisa dipilih adalah warna-warna panas seperti putih, kuning, orange, hijau muda, atau biru muda. Pemilihan warna ini juga bertujuan agar kegiatan seminar terkesan penuh semangat dan memiliki suasana yang hidup.

Sebisa mungkin hindari penggunaan warna-warna dingin seperti hitam, biru donker, atau coklat. Hal ini dapat mencipatakan kesan seminar yang kurang terlalu bersemangat.

  1. Warna background dan huruf yang tidak kontras

Pemilihan warna background juga usahakan yang memiliki kontras dengan huruf tulisa. Seperti perpaduan biru muda dengan hitam. Ketidak kontrasan antara warna background dan huruf akan membuat peserta seminar merasa kurang bersemangat untuk membaca backdrop seminar, selain itu pemilihan warna yang kurang sesuai akan lebih susah dibaca oleh audience terutama yang duduk di deret belakang.

  1. Model huruf yang berlebihan

Kegiatan seminar sebaiknya dibuat dengan tegas namun simple. Oleh karena itu ada baiknya jika penggunaan huruf yang mudah dibaca memang diperlukan dalam pembuatan backdrop seminar.

  1. Ukuran huruf yang tidak proporsional

Kesesuaian ukuran backdrop seminar dan huruf serta besarnya ruangan seminar juga perlu diperhatikan. usahakan agar semua peserta seminar dapat membaca tulisan yang tertulis pada backdrop seminar.

  1. Desain yang berlebihan

Desain yang berlebihan seperti pengaplikasian gambar-gambar sebaiknya dikurangi. Hal ini untuk menghindari backdrop seminar terlihat penuh sesak. Jika memang diperlukan gambar, maka pemilihan gambar-gambar yang relevan atau gambar pembicara seminar masih diperbolehkan selama keberadaan gambar tersebut tidak mengganggu huruf yang tertulis dimana tulisan tersebut memuat informasi dari seminar yang lebih penting.

Untuk membuat backdrop seminar yang baik, sebaiknya Anda menghindari kelima poin di atas. Karena acara seminar merupakan salah satu acara yang formal maka segala sesuatunya termasuk backdrop untuk acara seminar juga perlu dipersiapkan sebaik-baiknya. Dari backdrop seminar ini pula juga dapat terlihat bagaimana cerminan dari seminar yang digelar.

Share this post