Berbagai Macam Backdrop Acara

Berbagai Macam Backdrop Acara

Berbagai Macam Backdrop Acara

Keberadaan backdrop dalam sebuah acara sudah menjadi salah satu hal yang tidak bisa terlupakan lagi. Bagaimana tidak, meskipun terkesan simple akan tetapi keberadaan backdrop memiliki fungsi yang penting dalam sebuah acara. Sebagian masyarakat yang masih awam dengan istilah backdrop mungkin masih bertanya-tanya, sebenarnya apakah fungsi dari backdrop ini. Maka berikut adalah uraian singkat mengenai fungsi backdrop dalam berlangsungnya sebuah acara.

  1. Menggambarkan identitas dari sebuah acara

Sebuah acara yang sedang digelar, pastilah memiliki tajuk ataupun tema dan judulnya sendiri-sendiri. Keberadaan dari backdrop ini dapat menjadi tempat bertuliskannya nama sebuah acara. Sehingga bagi tamu undangan yang hadir ataupun orang-orang yang berada di area berlangsungnya acara dapat megetahui dengan segera hanya dengan membaca atau melihat backdrop yang terpasang di sana.

  1. Background foto dan konferensi pers

Sesi foto adalah saah satu moment yang memerlukan latar belakang atau background yang indah agar hasil foto yang didapatkan juga indah. Maka keberadaan backdrop bisa menjadi salah satu alternatif tempat foto yang layak digunakan.

Pun ketika diadakan sebuah konferensi pers, utamanya pada acara-acara besar seperti pekan olahraga, pertemuan antar negara, ataupun perhelatan yang digelar oleh para pesohor, keberadaan backdrop dapat menjadikan lokasi konferensi pers menjadi semakin indah.

  1. Memperindah dekorasi acara

Fungsi yang ketiga yang tak kalah pentingnya adalah menambah estetika dan keindahan dari konsep acara yang dibuat. Dengan memadukan tema dan keindahan dari backdrop yang dipasang, maka semakin menambah esensi dari acara tersebut.

Dengan melihat begitu pentingnya sebuah backdrop, maka keberadaannya dalam suatu acara hendaklah selalu diperhatikan. Seiring dengan perkembangan waktu, ternyata terdapat beberapa macam backdrop yang tentu setiap jenisnya disesuaikan dengan tema acara yang sedang berlangsung. Dan berikut adalah contoh penggunaan dua backdrop dalam sebuah acara yang biasa digelar di sekitar Anda.

  1. Backdrop dominan tulisan

Pada acara-acara formal seperti seminar misalnya, penggunaan backdrop sebaikya meminimalisir gambar. Tulisan biasanya menjadi objek yang lebih dominan. Selain dalam acara formal, penggunaan backdrop yang dominan tulisan juga bisa digunakan pada acara seperti fashion show atapun acara penghargaan lainnya.

  1. Backdrop dominan gambar

Backdrop dengan dominan gambar dapat ditemukan pada acara yang terkesan lebih santai, seperti konser musik ataupun pagelaran kesenian. Meskipun tulisan menjadi salah satu unsur yang penting, gambar menjadi fokus utama dari backdrop jenis ini.

Kedua jenis backdrop di atas adalah backdrop yang biasanya dipasang di acara sekitar Anda. Intinya adalah bagaimana penggunaan backdrop tersebut dapat memiliki setidaknya tiga fungsi di atas. Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah kesesuaian penggunaan dengan jenis acara yang berlangsung.

Share this post